Wednesday 25 September 2024

Perhatikan Perilaku Aneh di Perangkat Komputer


Tahukah Anda cara mengetahui apakah komputer Anda mempunyai gejala aneh karena terkena virus? 

Terkadang tidak ada cara untuk memastikannya, tetapi komputer sering kali memberikan petunjuk bahwa ada yang tidak beres.

Periksa komputer Anda untuk mengetahui gejala-gejala di bawah ini guna memastikannya aman dan tidak berisiko terkena virus.

1. Internet dan Pemrosesan Lambat

Komputer yang lambat tidak selalu berarti Anda terkena virus, tetapi jika kecepatannya berubah cukup tiba-tiba, mungkin ada baiknya Anda memeriksanya. Gunakan uji kecepatan untuk memeriksa kecepatan internet Anda dan gunakan pengelola tugas komputer Anda untuk mengukur daya pemrosesan. Jika keduanya tampak lebih lambat dari biasanya, lakukan pemindaian dengan perangkat lunak antivirus Anda.

2. Perilaku Komputer yang Tidak Terduga

Virus dapat melakukan berbagai hal aneh pada komputer Anda. Jika komputer Anda berhenti merespons klik, memutuskan untuk membuka file sendiri, menggulir, atau bertindak seolah-olah tombol ditekan padahal tidak, Anda mungkin mengalami gejala virus komputer. Komputer Anda seharusnya tidak tampak berpikir sendiri.

3. Macet & Crash Tiba-tiba

Karena virus merusak hard drive Anda, virus dapat menyebabkan komputer Anda mengalami kegagalan yang parah. Jika Anda cukup beruntung karena komputer Anda masih menyala setelah crash, pastikan untuk menjalankan antivirus guna menentukan apakah penyebabnya adalah virus.

4. Pesan Kesalahan (Error Massage)

Komputer Anda mengetahui ada yang salah sebelum Anda menyadarinya. Salah satu gejala virus komputer yang paling kentara adalah munculnya pesan pop-up yang memperingatkan Anda tentang file sistem atau aplikasi yang hilang. Teliti pesan dengan memasukkannya ke mesin pencari untuk mengetahui apakah Anda dapat mendiagnosis virus.

5. Iklan

Biasanya Anda melihat iklan saat menjelajah internet, tetapi jika Anda mulai melihatnya saat tidak sedang aktif menjelajah, itu adalah tanda-tanda virus. Jangan klik iklan ini, meskipun mereka mengatakan bahwa itu untuk perangkat lunak antivirus.

6. Email Keluar

Virus mencoba menyebarkan diri melalui email. Jika Anda melihat email di kotak terkirim yang tidak Anda kirim, kemungkinan Anda terkena virus. Jika Anda menerima email dari teman yang tampak mencurigakan, mereka mungkin terkena virus. Jangan klik tautan apa pun atau buka lampiran apa pun dalam email yang mencurigakan.

7. File Hilang atau Berlebih

Pantau ukuran hard drive Anda. Virus dapat memasang salinan dirinya sendiri atau file yang tidak diinginkan di komputer Anda. Virus juga menghapus file secara tiba-tiba. Saat Anda mulai melihat sesuatu yang aneh atau hilang, inilah saatnya untuk menjalankan pemindaian virus.

8. Masalah Perangkat Keras dan Aksesori

Jika Anda tiba-tiba mengalami masalah dengan tampilan komputer Anda, seperti piksel yang tercampur atau masalah warna, ini bisa menjadi tanda virus mengacaukan sistem Anda. Printer jaringan juga dapat mulai bermasalah jika terinfeksi.

Ingat, komputer Anda tidak akan selalu menunjukkan gejala jika terinfeksi. Selalu lakukan pemeriksaan sistem dan pemindaian virus secara teratur untuk memastikan komputer Anda bersih. Selain itu, praktikkan perawatan pencegahan. Jangan pernah mengklik tautan yang tidak dikenal dalam email atau iklan pop-up untuk menjaga komputer Anda aman dari paparan.

https://www.linkedin.com/pulse/symptoms-infected-computer-pradeepgouda-patil/

No comments:

Post a Comment