Friday 20 September 2024

Fenomena Dua Bulan di Ahir September 2024, Ini Penjelasan dari Ilmuwan!


Pada akhir September 2024, Bumi akan mengalami fenomena langka yang menarik perhatian para
astronom. Dilaporkan bahwa Bumi akan memiliki "Bulan" kedua sementara, dalam bentuk asteroid bernama PT5 2024.

Asteroid ini diperkirakan akan berada di orbit Bumi mulai 29 September hingga 25 November 2024, sebelum kembali meluncur ke luar angkasa.

Asteroid PT5 2024 ditemukan oleh dua ilmuwan dari Universitas Complutense Madrid, Spanyol, yaitu Carlos de la Fuente Marcos dan Raul de la Fuente Marcos.Dengan ukuran sekitar 10 meter, asteroid ini akan mengorbit Bumi selama dua bulan, menjadikannya seperti bulan kedua yang menemani Bumi, meskipun hanya untuk sementara waktu.

Menurut informasi dari Lake Country Astronomical Society, asteroid ini tidak akan menabrak Bumi. Setelah menyelesaikan orbitnya, PT5 2024 akan melanjutkan perjalanannya di luar angkasa. Meskipun jarang terjadi, fenomena langka ini bukanlah yang pertama kalinya.

Sebelumnya, Bumi telah beberapa kali menangkap asteroid yang masuk ke orbitnya untuk waktu terbatas sebelum akhirnya melepaskannya kembali.

Fenomena dua bulan seperti ini memberikan pandangan menarik tentang dinamika luar angkasa dan menunjukkan bagaimana asteroid kecil dapat masuk ke dalam pengaruh gravitasi Bumi untuk waktu singkat.

 

Sumber : www.tech.indozone.id

No comments:

Post a Comment