Friday 9 June 2023

Tips sederhana Menjaga Komputer Anda dari serangan Virus Berbahaya


Komputer dan laptop adalah perangkat yang sangat membantu aktivitas manusia di era globalisasi sekarang. Bahkan, sudah mulai banyak pekerjaan yang mewajibkan adanya perangkat komputer. Maka dari itu, komputer sangat berdampak besar bagi para pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sendiri. 

Seperti yang kita tahu, komputer dan internet saling melengkapi dalam menunjang pekerjaan manusia agar lebih mudah. Namun, internet sendiri memiliki sisi gelap yang tidak bisa disangkal keberadaannya lagi, seperti virus, malware, dan masih banyak lagi jenis peretasan.

Perangkat yang semula beroperasi dengan normal bisa mengalami kerusakan bila Anda tidak berhati-hati menggunakan internet. Maka dari itu, sebagai pengguna atau pemilik komputer, sebaiknya Sahabat Pa’e mengetahui cara mengamankan komputer dari serangan virus maupun hal jahat lainnya. 

Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Virus. Sebenarnya, cara yang akan kami berikan tergolong dalam langkah-langkah dasar ketika Anda menggunakan komputer.

Namun, karena tidak semua pengguna tahu akan hal ini, atau karena menyepelekan serangan siber, mereka pun melewatkan beberapa langkah dasar ini.

Adapun langkah-langkah untuk melindungi dan mencegah virus dari komputer Anda:

Pasang Antivirus & Aktifkan Firewall


Antivirus dan firewall adalah benteng utama pada sebuah sistem perangkat komputer Anda.

Pada setiap perangkat khususnya Windows, untungnya Microsoft sudah memberikan antivirus gratis bernama Windows Defender (Windows Security).

Nah, banyak pengguna yang mematikan fitur ini terutama ketika akan memasang sebuah aplikasi (bajakan).

Rekomendasi Antivirus : SMADAV

Padahal, hal tersebut lantas malah membuka pintu besar bagi peretas untuk menyerang Anda, lho.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda selalu mengaktifkan Windows Defender atau bila perlu menambahkan antivirus pihak ketiga, seperti Avira, Avast, Norton, dan sebagainya.

Antivirus yang sudah kami sebutkan sebelumnya juga memiliki perlindungan khusus bagi perangkat dari bahaya Ransomware.

Sementara itu, firewall juga menjadi aspek keamanan yang perlu Anda perhatikan karena mampu melindungi Anda ketika mengakses internet.

Secara umum, fungsi firewall adalah untuk memblokir semua koneksi yang kurang aman, memantau bandwidth, hingga memblokir konten yang tidak Anda inginkan.

Jangan Asal Download File atau Aplikasi

Sebagai pengguna perangkat komputer, pasti Anda pernah atau bahkan sering mengunduh file entah itu aplikasi, video, gambar, dan sebagainya.

Tapi siapa sangka, file-file yang Anda unduh ternyata bisa berpotensi membahayakan komputer karena kerap disusupi malware atau virus.

Dengan catatan, file tersebut diunduh dari situs-situs yang mencurigakan, sehingga tidak semua file yang diunduh dari internet mengandung malware dan virus ya, Sahabat Pa’e.

Untuk menandai bahwa file tersebut mencurigakan adalah adanya notifikasi tidak aman dari antivirus Anda.

Selain itu, website dari file yang Anda unduh dipenuhi banyak iklan dan pop up yang sangat mengganggu, serta belum terpasangnya sertifikat SSL di dalamnya.

Hindari Penggunaan USB (Flash Disk/Kabel data Lainnya)

Sebagai pengguna komputer, pasti Anda juga sering menggunakan penyimpanan USB flashdisk untuk menyalin atau menyimpan data.

Tidak cuma itu, mungkin Anda juga pernah meminjam penyimpanan USB milik orang lain dan menancapkannya ke perangkat Anda.

Setelah ditelusuri, ternyata tindakan tersebut sangat berbahaya terlebih jika pemilik penyimpanan USB tersebut mencurigakan.

Penyimpanan USB bisa menginfeksi sebuah perangkat komputer bila disusupi virus atau aplikasi jahat lainnya.

Masalahnya, Anda juga tidak pernah tahu USB tersebut pernah disambungkan dengan perangkat mana saja.

Sehingga potensi penyimpanan USB tersebut mengandung virus sangat besar, dan Anda wajib berhati-hati ketika ingin menggunakan penyimpanan USB.

Agar lebih aman, Sahabat Pa’e bisa menggunakan penyimpanan USB dan tidak meminjamkannya kepada siapa pun.

Browsing dengan Aman (Jangan Buka situs yang aneh-aneh)

Cara mengamankan komputer dari virus yang terakhir kali ini menurut kami adalah yang paling mudah, yakni browsing dengan aman.

Justru cara yang notabene termudah ini seringkali dilewatkan.

Salah satu contoh perilaku browsing yang kurang aman adalah dengan mengakses situs-situs berbahaya, misalnya dipenuhi dengan iklan dan pop up, serta memasukkan informasi ke situs yang belum memiliki sertifikat keamanan.

Hal-hal itulah yang menyebabkan akhirnya komputer terinfeksi virus berbahaya.

Perlu Anda ketahui, ketika mengakses situs yang berbahaya, ada banyak sekali ancaman yang mengintai Anda layaknya sedang bepergian ke hutan belantara.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kami sangat menganjurkan Sahabat Pa’e untuk selalu memperhatikan website yang dikunjungi, seperti melihat adanya sertifikat keamanan yang ditandai dengan logo gembok.

Selain itu, sebaiknya mulai sekarang Anda selalu menggunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP perangkat komputer.

Pasalnya, peretas bisa masuk dan melakukan apa saja ketika alamat IP perangkat berhasil diketahui.

Hal yang tidak kalah penting, Anda juga harus menjauhi jaringan Wi-Fi umum yang ada di kafe atau restoran.


No comments:

Post a Comment