Monday 12 June 2023

Cara Membersihkan Cache di Ponsel Android agar Tidak Lemot


Apakah Anda merasa ponsel Android mulai lelet saat dioperasikan? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel Android lambat bekerja. Salah satunya bisa jadi karena kapasitas memori sistem yang sudah penuh. Semakin lama, ponsel akan dijejali berbagai macam file dan aplikasi. Namun, menghapus beberapa file atau aplikasi agar ruang memori agak lega cukup memakan waktu. Belum lagi memilah mana yang masih dibutuhkan dan mana yang harus dihapus.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melegakan memori sistem, yakni menghapus data cache.

Apa itu data cache?

Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika membuka situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Menghapus data cache tidak akan menghapus data aplikasi seperti data log in, game yang tersimpan, dan sebagainya.

Berikut langkah-langkah menghapus data cache:

Menghapus File cache Aplikasi, memiliki dua cara yang saya bagikan sesuai dengan Tampilan HP. Untuk Cara ketiga itu menghapus File cache semua aplikasi.

Cara Pertama

Cara Pertama dengan tampilan seperti pada Gambar. Berikut caranya :

1. Buka pengaturan

2. Device Care

3. Storage

4. Advance

5. Other Apps

6. Pilih aplikasi yang sering digunakan satu per satu

7. Setelah aplikasi dibuka, pilih opsi "clear cache" yang ada di kanan bawah.

Cara Kedua


  1. Buka menu Settings > Apps (atau namanya Aplication Manager di beberapa perangkat).
  2.  Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. Sebagai contoh di gambar bawah ini, yang akan dihapus adalah aplikasi MX Player.
  3.  Setelah terbuka, pilih storage. Karena yang digunakan pada tes ini adalah Realme, biasanya sebelum ke cache akan muncul seperti gambar di bawah ini.
  4. Nanti akan tampil berapa ukuran cache yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Silahkan tekan tombol Clear cache untuk menghapusnya.
  5. Ulangi langkah di atas untuk menghapus cache dari aplikasi yang lainnya.

Cara Ketiga Menghapus Cache Semua Aplikasi

Jika Android Anda mulai terasa lemot namun Anda tidak tahu aplikasi apa yang menyebabkannya, maka Anda dapat menghapus semua cache dari semua aplikasi secara sekaligus. Namun cara ini hanya dapat dilakukan pada perangkat dengan OS Android 4.2 Jelly Bean ke atas. Berikut adalah caranya:

1. Buka menu Settings, kemudian pilih Additonal Settings.

2. Pilih Storage.

3. Setelah itu, pilih "Clean Storage", seperti gambar di bawah ini.

4. Kemudian pilih "Safe to Clean".

5. Nanti akan muncul opsi untuk menghapus cache. Ada juga opsi untuk menghapus APK, seperti tampak pada gambar di bawah ini. Kemudian pilih "Clear".

6. Cache semua aplikasi pun sudah terhapus.

7. Cara dan gambar yang dijadikan contoh akan bakal sedikit berbeda dengan ponsel Android Anda. Hal ini karena tiap ponsel Android punya UI yang berbeda tiap merek. Tetapi pada intinya sama.

Apabila ada ketidak samaan Tampilan silakan di sesuaikan dengan tampilan hp masing-masing. Kalau masih bingung silakan tanyakan di Kolom komentar.

 

No comments:

Post a Comment