Saturday 25 February 2023

Cara Bermain RP (RolePlay) di GTA5

 


GTA Roleplay adalah salah satu mode permainan terbaru yang terdapat dalam game Grand Theft Auto V (GTA V). Meskipun mode bermain ini bukan merupakan fitur resmi, namun mode permainan satu ini mendapatkan banyak minat dari penggemar game GTA. Berbeda dengan GTA Online yang biasanya dimainkan, pihak Rockstar Games menyediakan layanan multiplayer-nya menggunakan server pihak ketiga, yaitu FiveM.

FiveM lah yang kemudian menjadi platform yang dapat menjalankan semua mod yang ada secara online, misalnya saja mood pekerjaan seperti polisi, EMS dan mekanik, ataupun mod mobil dan lain sebagainya. Lalu apa itu Roleplay? Sebelum memulai permainannya mari simak pengertian roleplay dan simak bagaimana cara bermainnya.

Apa itu GTA V Roleplay?

Roleplay adalah bermain peran. Seperti seorang aktor atau sebuah pertunjukkan teater, kita akan memerankan suatu karakter atau memainkan sebuah boneka dengan cerita yang kamu buat dengan peran di dalam karakter roleplay yang kita buat. Jadi disini, kamu akan mencari sutradara sekaligus penulis naskah tentang bermain peran dan membuat cerita akan karakter apa yang ingin kamu bentuk.



Sedangkan GTA V Roleplay adalah permainan yang memerankan sebuah karakter yang kamu buat di dalam game GTA seperti layaknya berkehidupan di dunia nyata. Kamu akan bertemu dengan player lain, mengobrol, bercerita tentang kehidupan, dan membentuk sebuah cerita roleplay masing-masing.

Selayaknya kehidupan nyata, kamu juga harus menyiapkan identitas bagi karakter yang akan kamu bangun, mulai dari nama, apa tujuan kamu datang ke kota tersebut (server roleplay yang dimainkan), dan kehidupan seperti apa yang ingin kamu jalankan dengan identitas tersebut. Namun tidak seperti bermain GTA Online dimana kamu bisa seenaknya menjalankan kehidupan, kamu harus memperhatikan hal-hal ini.

Tips Bermain GTA Roleplay

    • Patuhi dan Pahami Peraturan di Tiap Server (Kota) dengan Baik

 Ada banyak sekali server yang bisa kamu pilih di GTA V Roleplay, server-server ini disebut sebagai Kota. Dan tentunya, setiap kota memiliki aturannya masing-masing yang harus kamu patuhi dan pahami sebelum kamu masuk ke dalam kota tersebut. Pastikan kamu tahu hal-hal yang boleh dilakukan di dalam game dan hal-hal yang dilarang. Dengan mematuhi peraturan yang ada, kamu dapat menghindari kemungkinan di banned dari server tersebut akibat melakukan hal yang terlarang.

  • Jangan Bertindak Semaunya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, GTA Roleplay berbeda dengan GTA Online dimana kamu memiliki kebebasan untuk bertindak semuanya. Namun hal itu tidak bisa kamu lakukan saat bermain GTA Roleplay, karena sekali lagi setiap kota atau server memiliki aturannya masing-masing. Misalnya saja jika kamu memiliki akses untuk mendapatkan dan menggunakan senjata, hal ini bukan berarti kamu bisa seenaknya menggunakan senjata untuk menembaki player lain. Tetaplah ingat kalau dalam mode GTA Roleplay ini, kamu harus bermain peran yang akan kamu bentuk bukan sebagai dirimu sendiri layaknya GTA Online.

    • .       Bermain Sesuai Peran Yang Kamu Miliki

Karena mode roleplay ini menekankan pada kemampuan seseorang untuk bermain peran, maka hal-hal yang boleh kamu lakukan sebatas jangkauan dari peran yang kamu perankan. Misalnya kamu berperan sebagai polisi maka tugas utama kamu adalah menangkap pencuri, menilang pengendara yang melanggar lalu lintas, atau menangkap tindakan kriminalitas lainnya.

    •   Jangan Malu Untuk Bicara

Setiap server GTA Roleplay akan memiliki peraturan yang mewajibkan pemain untuk memiliki microphone. Hal ini dilakukan agar komunikasi yang dilakukan antar pemain di dalam game dapat dilakukan dengan mudah. Nah karena kamu disini berperan layaknya menjalankan kehidupan sebenarnya, kamu harus berani untuk mengajak player lain berbicara. Kalau kamu merupakan player baru (warga baru) di suatu server (kota) berarti kamu harus aktif bertanya tentang keadaan kota, bagaimana cara bertahan hidup di kota, dan hal-hal lainnya agar karakter roleplay kamu bisa berkembang.

    • .        Tentukan Latar Belakang Karakter

Nah untuk mendalami peran yang kamu punya, ada baiknya kamu juga harus menentukan latar belakang dari karakter yang kamu buat. Dengan melakukan hal ini, pengalaman bermain peran kamu akan semakin seru untuk dijalani. Misalnya kamu memiliki pekerjaan sebagai polisi perempuan di dalam server, maka buatlah karakter kamu dengan rambut pendek layaknya polisi wanita di Indonesia.

1. Download Software Yang Diperlukan

Bukan hanya mendownload game GTA V dengan lisensi original yang bisa kamu dapatkan dari Steam ataupun Epic Games Store, kamu juga perlu mendownload Rockstar Games Launcher sebagai aplikasi yang akan memudahkan kamu mengakses berbagai macam game PC dari Rockstar Game dan aplikasi FiveM yang menjadi platform server-server yang menyediakan kota roleplay. Pastikan semua software sudah terkoneksi dengan akun yang kamu miliki.

2. Pilih Server Yang Diinginkan

Ada ratusan bahkan ribuan server roleplay yang disediakan. Jika kamu ingin bergabung ke server Indonesia, maka cari dan pilihlah server roleplay yang berasal dari Indonesia. Beberapa rekomendasi server roleplay bahasa Indonesia yang bisa kamu masuki misalnya Indopride, Kota Kita, Exodus Prime Indonesia, Nusantara Roleplay, State of indonesia, dan masih banyak server lainnya. Selain server Indonesia, terdapat server dari negara lainnya, misalnya saja salah satu server yang paling populer di luar negeri adalah No Pixel.

3. Gabung Ke Server Discord Tiap Kota

Sebelum kamu memasuki server, pastikan kamu sudah gabung ke dalam server discord kota tersebut. Kamu bisa mengetahui discord dari server yang kamu pilih melalui website atau social media yang dimiliki setiap server. Dengan bergabung ke dalam discord tersebut, kamu dapat mengakses aturan-aturan yang harus kamu patuhi selama bermain roleplay di server tersebut.

4. Perangkat Memenuhi Spesifikasi Minimum

Karena game ini cukup berat dan membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar, jadi pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah memenuhi syarat minimum berikut ini:

 

- CPU Intel Core 2 Q6600 @ 2.40GHz / AMD Phenom 9850 @ 2.5GHz

 

- GPU NVIDIA 9800 GT 1GB / AMD HD 4870 1GB / Intel HD GT2

 

- RAM 8GB ke atas

 

- SSD 72GB + 8GB

 

Selain itu, kamu juga memerlukan koneksi internet yang cukup stabil (minimal  20 Mbps) agar bisa memainkan gamenya. Serta, persiapkan VPN jika diperlukan untuk dapat mengakses server yang diinginkan. Namun beberapa server tidak memerlukan VPN untuk bisa mengaksesnya, kamu tinggal memilih server yang diinginkan yang ada di FiveM dan langsung dapat bermain di kota/server tersebut. 

Perlu diingat juga, kalau setiap server memiliki konten yang berbeda-beda, mulai dari mod bangunan dan mod mobil yang berbeda-beda juga. Jika spesifikasi perangkat komputer yang kamu gunakan terbatas, dan kamu masuk ke server yang memiliki banyak fitur dan mod, maka kamu akan mengalami permainan yang terasa berat selama berada di server tersebut.

 

No comments:

Post a Comment