Wednesday 11 March 2020

Cara Cek HP Asli Atau Replika Dengan Mudah, Agar Tidak Tertipu



Kamu perlu mengetahui bagaiamana cara cek HP asli sebelum membelinya. Karena peredaran dari HP KW ataupun rekondisi ini cukup luas loh. Bahkan beberapa oknum tak tanggung-tanggung untuk menjualnya di gerai ponsel ataupun di toko online.

Tentu saja mengetahui bagaimana cara cek hp asli ataupun palsu perlu kamu lakukan. Hal ini agar kamu tidak tertipu sewaktu membeli smartphone . Cara cek hp Samsung asli pun cukup mudah dilakukan. Selain itu ada beberapa cara cek hp asli yang bisa kamu gunakan. Agar kamu tidak tertipu saat membeli smartphone , ada baiknya untuk mengetahui cara cek HP asli terlebih dahulu. Berikut ini Pa'e pun telah merangkum cara mengecek HP asli atau replika dari berbagai sumber.


1. Gunakan LCD Test

Jika kamu telah terlanjur membeli ponsel baru tapi tak tahu keasliannya, kamu bisa menggunakan LCD test sebagai cara cek hp Asli atau tidak. Cara penggunaannya pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menuliskan *#0*# pada layar panggilan. Kemudian pada ponsel kamu pun akan muncul LCD test. Beberapa informasi pun bisa kamu ketahui dari LCD test ini, seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel dan lain sebagainya.
Tampilan Setelah *#0*#

Selain itu, cara cek hp asli juga bisa kamu lakukan dengan melihat spesifikasi yang tertera di ponsel. Bukan hanya dengan melihat pada kotak ponsel saja, tetapi kamu perlu melihat langsung pada ponsel kamu mengenai spesifikasinya. Untuk cara cek hp  asli dari spesifikasinya, kamu hanya perlu mengetik *#*#4636#*#*. Nantinya layar LCD kamu akan menampilkan spesifikasi yang pada handphone kamu. Akan tetapi jika ponsel yang kamu miliki ternyata KW ataupun rekondisi maka spesifikasi ini tidak akan muncul.

2. Cek nomor IMEI

Cara cek hp asli lainnya ialah dengan mengecek kesamaan nomor IMEI yang ada pada box ponsel dengan tampilan di layar ponsel kamu. Kamu hanya perlu mengetik *#06# pada tombol telepon. Kemudian layar akan menampilkan kode unik IMEI pada ponsel kamu. Setelah itu, kamu bisa mencocokan kode IMEI yang ada pada layar dan juga pada dus. Jika kode tersebut tidak sama, maka ada kemungkinan bahwa hp kamu tidak asli.

Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI pada ponsel, kamu bisa mengecek info mengenai tipe ponsel dengan mengunjungi situs IMEI.info. Langkah ini tentu saja dilakukan untuk mengetahui apakah ponsel pintar kamu benar-benar asli atau tidak. Kamu hanya pelu mengetikan nomor IMEI yang sebelumnya tertera pada layar ponsel di kolom nomor IMEI pada website tersebut. Kemudian centang pada tulisan I’m not a robot dan klik check.

Jika website tersebut menampilkan info mengenai ponsel kamu beserta nama brand yaitu Samsung, maka hp yang kamu miliki itu asli. Namun kamu harus bisa memastikan jika model yang tertera pada website tersebut sama seperti model pada hp Samsung kamu.

No comments:

Post a Comment