Wednesday 9 October 2024

Jangan Panik! Ini 5 Langkah Atasi Baterai Laptop Tidak Bisa Diisi

 

Laptop yang tiba-tiba tidak bisa di-charge, pasti membuat kamu panik. Bagaimana tidak, harga untuk memperbaiki kerusakan pada laptop tidaklah murah.

Namun, tidak perlu panik bila baterai laptop tiba-tiba tidak bisa di-charge. Tak perlu buru-buru membawa laptop ke service center atau mengganti baterai.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat kalian lakukan saat baterai laptop tidak bisa di-charge.

5 Langkah Atasi Baterai Laptop Tidak Bisa Diisi

1. Periksa dan Cek Kabel Charger

Langkah pertama adalah memeriksa keadaan kabel charger. Seringnya, laptop tidak bisa di-charge karena kerusakan pada charger. Entah itu karena kabel putus atau charger yang rusak.

Oleh sebab itu, pertama-tama, pastikan kabel dan charger dalam keadaan baik. Pastikan, charger terhubung dengan sempurna.

2. Bersihkan Charger Port

Banyaknya kotoran atau debu pada charger port membuat arus listrik tidak bisa tersambung. Untuk itu, langkah berikutnya bersihkan charger port dari kotoran dan debu.

Jangan lupa, pastikan port tidak tersumbat atau mengalami kerusakan. Kerusakan pada charger port tentunya membuat baterai laptop tidak bisa terisi daya.

3. Periksa Keadaan Baterai

Bila kalian bisa melepas baterai laptop, lepaskan lebih dulu untuk memeriksa keadaannya. Pastikan baterai tidak melembung, panas, atau bahkan bocor.

Kerusakan fisik pada baterai, sangat berbahaya dan bisa merusak laptop. Bila keadaan baterai rusak, tidak ada pilihan selain mengganti baterai.

4. Cek Battery Health

Bila baterai dalam keadaan baik, masukan baterai kembali ke dalam laptop. Langkah berikutnya, periksa battery health.

Battery health merupakan statistik yang menunjukan keadaan baterai. Statistik ini biasanya menunjukan kapasitas baterai, suhu, bahkan juga umur baterai.

Saat ini, sudah ada banyak website atau software gratis untuk memeriksa battery health. Pilih salah satu, untuk mengetahui statistik kesehatan baterai.

5. Update Driver

Langkah terakhir, kalian dapat mencoba untuk meng-update driver. Bila tidak ada masalah pada kabel charger atau baterai, kemungkinan laptop tidak bisa di-charge karena harus memperbarui driver.

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk update driver:

  • Klik Start Menu lalu cari Device Manager
  • Pada kolom menu Batteries, ada beberapa opsi berbeda. Salah satunya Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery.
  • Untuk memastikan driver mana yang perlu update, klik kanan satu per satu pada setiap pilihan.
  • Bila terdapat opsi Update Driver, klik dan tunggu hingga proses update berjalan.

 

Nah tidak perlu bingung lagi saat laptop tidak bisa di-charge, bukan?

No comments:

Post a Comment