Wednesday 2 October 2024

5 Tips dan Trik supaya Baterai Hp Awet: Tak Perlu Isi Daya Berjam-jam!

 

Baterai menjadi bagian yang sangat penting bagi smartphone. Sayangnya, masih banyak orang tidak tahu bagaimana cara merawat baterai ponselagar awet.

Sebaliknya, banyak orang justru percaya dan melakukan cara-cara salah untuk merawat baterai smartphone. Misalnya, mengisi daya baterai selama berjam-jam.

Faktanya, tidak perlu mengisi daya baterai ponsel secara berlebihan. Cukup pastikan, mengisi daya baterai sesuai kapasitas dan indikator menunjukan 100 persen. Selain itu, masih ada beberapa tips dan trik lain supaya baterai ponsel awet.


5 Tips dan Trik supaya Baterai HP Awet

1. Gunakan Kabel dan Kepala Charger Original

Saat ini, ada banyak sekali kabel, bahkan kepala charger dengan banderol harga murah. Akan tetapi, tidak banyak yang menyadari, bahwa kabel dan kepala charger murah ini akan bisa merusak baterai ponsel.

Agar baterai ponsel awet, pertama-tama pastikan selalu menggunakan kabel dan kepala charger original. Lebih baik lagi, kabel dan kepala charger merupakan bawaan dari merk hp.

2. Jangan Mengisi Daya Berlebihan

Siapa yang masih sering mengisi daya baterai ponsel selama berjam-jam? Kebiasaan ini rupanya bisa merusak baterai ponsel.

Pasalnya, saat ponsel dalam keadaan terisi daya, suhu baterai akan meningkat. Bila melakukan kebiasaan ini terus-menerus, performa baterai akan menurun. Jadi, sebaiknya isi daya baterai hingga indikator menunjukan persentase 100 persen. Setelah itu, segera cabut ponsel dari kabel charger.

3. Isi Daya Sebelum Baterai Benar-benar Habis

Kebiasaan lain yang harus segera berhenti, adalah membiarkan baterai ponsel benar-benar habis sebelum mengisi daya. Hal ini akan membuat baterai harus bekerja lebih keras.

Akibatnya, baterai ponsel akan lebih cepat habis karena performanya menurun.

4. Matikan Ponsel saat Isi Daya

Hentikan juga kebiasaan menggunakan baterai saat sedang mengisi daya. Ponsel akan menjadi lebih cepat overheat. Akhirnya, baterai akan cepat habis dan tidak awet.

Sebaiknya, saat sedang mengisi daya, matikan handphone (hp). Setelah baterai terisi penuh, kalian dapat menggunakan ponsel kembali.

5. Hindari Ponsel Overheat

Ada beberapa penyebab mengapa ponsel mengalami overheat. Biasanya, penggunaan ponsel secara terus-menerus dalam waktu lama akan menyebabkan panas berlebihan.

Selain itu, bila kalian menggunakan ponsel langsung di bawah terik matahari, suhu smartphone akan ikut bertambah. Akibatnya, ponsel mengalami overheat.

Overheat ponsel akan berpengaruh langsung pada baterai. Kondisi itu dapat menyebabkan kerja baterai menurun drastis.


Di atas, merupakan tips dan trik merawat baterai ponsel agarawet. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment